“CARA MENGHENTIKAN CEGUKAN”

Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya cegukan. Tahukah anda apa itu cegukan? kenapa kita cegukan? Bagaimana penanganannya?

Didalam rongga perut, terdapat otot diafragma yang membatasi keduanya. Otot diafragma ini bergerak berdasarkan perintah saraf tidak sadar. Ketika menerima perintah yang tidak tepat atau menerima rangsangan akibat temperature dan makanan tertentu, otot tersebut tiba-tiba dapat mengerut dan menyebabkan pipa suara tertutup sehingga kemudian terjadi cegukan.

gambar cegukan

Cegukan seringkali terjadi pada situasi-situasi tertentu, seperti makan terlalu cepat, minum air dingin setelah makan makanan panas, makan makanan yang sangat panas atau pedas, tertawa atau batuk terlalu keras, kelebihan minuman beralkohol, atau karena ketidakseimbangan elektrolit. untuk kejadian seperti ini, anda jangan khawatir jika mengalami cegukan karena sebagian besar cegukan tidak berbahaya bagi tubuh. Setelah beberapa saat, cegukan akan berhenti dengan sendirinya. Tapi, jika cegukan tak kunjung berhenti, segera hubungi dokter untuk memeriksa penyebabnya.

Nah, untuk penanganannya, bisa dengan menahan nafas. Dengan menahan nafas, maka kadar karbondioksida didalam darah akan meningkat sehingga cegukan akan berhenti. Selain itu, dengan minum segelas air tanpa sela nafas, makan roti kering atau es batu yang diserut, serta menggosok bola mata secara perlahan juga diyakini dapat menghentikan cegukan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s